Minggu, 04 Agustus 2019

Wisata Dan Kuliner Kota Situbondo



Merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berada di dekat Banyuwangi. Serta memiliki sejuta pesona dan panorama alam indah namun masih banyak yang tersembunyi. Sehingga masih banyak wisatawan yang belum mengetahui keindahan alam yang tersimpan di Situbondo. Banyak sekali spot wisata Kota Situbondo yang keren.

Mulai dari situs budaya, sejarah, spot foto yang kekinian, hingga air terjun yang menyegarkan mata Anda. Namun jangan salah kuliner Kota Situbondo juga termasuk dalam masakan ter lezat di dunia. Karena di Situbondo terdapat bakso dan sate yang sangat enak. Berikut penjelasannya.

 

Wisata Di Situbondo

 

1. Stasiun Panarukan

Berjarak 8 kilometer ke arah barat dari Situbondo. Stasiun Panarukan merupakan peninggalan sejarah pada masa kolonial Belanda. Yang pada saat itu di bawah pimpinan Gubernur Jendral Deandles. Dengan membangun Jalan Raya pos sebagai upaya mempermudah mobilisasi pasukan tentaranya dalam menghadapi pasukan Inggris. Namun Panarukan yang dahulu sangat berbeda dengan

Panarukan yang sekarang. Karena saat ini Stasiun Panarukan dijadikan rumah bagi para gelandangan serta tempat bermain bagi anak-anak di sekitar desa. Namun belakangan ini Stasiun Panarukan sudah di pugar oleh PT KAI dan mulai dioperasikan lagi. Karena Stasiun Panarukan juga kaya akan sejarah dan peninggalan teknologi perkeretaapian saat itu.

 

2. Air Terjun Talempong

Menjadi tujuan wisata Kota Situbondo saat libur akhir pekan. Obyek wisata ini masih tergolong alami karena diawasi oleh pemerintahan. Wisata Air Terjun Talempong ini berjarak 5 km dari pinggir jalan raya. Untuk mencapai tempat wisata ini pengunjung diharuskan berjalan kaki sekitar 2 km. Namun saat ini

Dinas Pariwisata juga menganggarkan pengembangan untuk menyediakan fasilitas pendukung di sekitar air terjun tersebut. Termasuk anggaran untuk membuat jalan menuju wisata air terjun ini agar para pengunjung mudah mencapai obyek wisata ini. Jika Anda berkunjung ke tempat ini saat musim kemarau tidak masalah karena debit airnya sangat tinggi jadi tidak mungkin mengalami kekeringan.

 

3. Pantai Bama

Secara administrasi Pantai Bama masih dalam wilayah Situbondo. Untuk mencapai lokasi Pantai Bama pengunjung diharuskan melewati gerbang masuk Taman Nasional Baluran. Dari gerbang tersebut masih sekitar 8 km  untuk mencapai obyek wisata ini.

Uniknya saat tiba di wisata Kota Situbondo yang satu ini pengunjung disambut dengan kawanan kera abu-abu ekor panjang. Pantai Bama memiliki air yang jernih dan hamparan pasir yang putih bersih.

Keunikan lainnya pantai ini yaitu dikelilingi tumbuhan mangrove yang menambah eksotik. Pantai Bama juga kerap menjadi wisata unggulan Situbondo. Karena memiliki spot pemandangan matahari terbit dan pemandangan bawah laut yang sangat menawan.

 

Kuliner Di Situbondo

Setiap daerah di Indonesia memiliki masakan khasnya masing-masing termasuk Situbondo. Walaupun kalah terkenal dari kuliner-kuliner lainnya namun jangan salah rasanya juga tidak kalah lezat. Dan tentunya Anda pasti ingin mencicipinya lagi ketika berkunjung ke Situbondo. Berikut informasi kuliner Kota Situbondo.

 

1. Nasi Bukhori

Walaupun merupakan sajian khas Arab namun sudah di modifikasi dengan lidah Indonesia. Sehingga kuliner Kota  Situbondo ini memiliki citarasa yang berbeda. Nasi ini sangat fenomenal karena disajikan bersama dengan sepotong daging sebelah.

Daging kambing yang digunakan juga khusus karena hanya bagian paha atas saja. Serta uniknya air rebusan daging kambing tidak dibuang. Melainkan diolah sebagai campuran dalam memasak nasi yang bersamaan dengan di campurnya rempah-rempah.

 

2. Bakso Tekwoleh

Anda bisa menemukannya di Desa Jatibaneng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo. Nama tekwoleh berasal dari bahasa jawa yang artinya nek gak entek digowo mulih. Dalam Bahasa Indonesia artinya kalau tidak habis bisa dibawa pulang.

Kuliner Kota Situbondo ini memiliki tiga ukuran bakso. Ukuran paling kecilnya berdiameter 7 cm. Sementara bakso keduanya memiliki diameter 10 cm. Dan yang terakhir dan paling besar memiliki diameter  13 cm. Selain perbedaan ukuran isiannya juga berbeda. Bakso ukuran jumbo memiliki lebih banyak isi tetelan dibanding yang lainnya.

 

3. Sate Olean

Sate merupakan kuliner yang sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Namun berbeda dengan sate yang berada di Situbondo ini. Karena ada resep khusus sehingga membuat dagingnya bertekstur empuk dan menggigit.

Tidak hanya cara pengolahan nya saja yang istimewa. Tetapi juga terhadap kriteria daging kambing yang akan diolah menjadi Sate Olean. Karena usia kambing yang dipilih yaitu 1-2 tahun. Sehingga dagingnya masih empuk saat diolah. Selain itu memang bumbu yang digunakan merupakan warisan turun temurun.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon