Senin, 04 Februari 2019

Wisata Dan Kuliner Kota Ponorogo



Sebentar lagi akan memasuki hari libur bagi anak-anak sekolah. Waktu liburannya juga cukup lama yaitu sekitar dua minggu. Ada baiknya Anda bisa berkunjung ke Ponorogo Jawa Timur. Karena di Ponorogo kaya akan wisata kuliner maupun wisata budaya yang sangat edukatif. Ponorogo sendiri terletak pada ketinggian 1.371 km persegi.

Hal ini membuat kota ini memiliki hawa yang sejuk dan patut menjadi rekomendasi tempat wisata yang asri. Tidak hanya itu kuliner Kota Ponorogo juga membuat perut terasa lapar. Banyak sekali sajian khas daerah ini yang lezat dan tentunya tarifnya juga tidak terlalu menguras kantong. Berikut pemaparan rekomedasi wisata Kota Ponorogo dan juga kuliner Kota Ponorogo sebagai referensi anda saat berkunjung ke kota ini.

Wisata Di Ponorogo                 


1. Gua Lowo Sampung


Mengapa diberi nama gua lowo? Karena disini kita bisa banyak sekali menemukan kelelawar. Ponorogo juga sangat terkenal dengan kota seribu gua. Gua sendiri bisa dijadikan tempat edukasi karena menyimpan sejarah masa purba yang tentunya harus kita lestarikan. Untuk memasukinya Anda harus berhati-hati karena tetesan air pada dinding gua membuat lantai gua menjadi licin. Pada bagian sisi kanan gua ada yang menarik yaitu ada bekas penggalian kerangka manusia purba. Hasil dari penggalian nya sudah dibawa ke museum di Jakarta. Hingga saat ini bekas penggaliannya masih tampak. Tidak hanya itu kita juga bisa menemukan alat-alat peninggalan sejarah. Misalnya flakes, ujung panah dan kapak. Lokasi wisata Kota Ponorogo ini yaitu di Dusun Boworejo, Desa Sampung, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo.

2. Air Terjun Juruk Klenteng


Lokasi tempat wisata Kota Ponorogo ini yaitu di perbatasan Kabupaten Ponorogo dengan Kabupaten Trenggalek. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 45 meter dari permukaan tanah. Serta pada bagian bawah air terjun terdapat kolam yang tidak terlalu dalam. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang. Tidak hanya itu pada bagian kanan dan kiri air terjun dihiasi oleh pemandangan hijau dari pepohonan yang tumbuh dengan alami. Mengapa air terjun ini dinamakan Air Terjun Juruk Klenteng? Karena lokasinya terhimpit oleh dua bebatuan gunung. Tidak hanya asri namun juga kesan unik terdapat pada wisata ini.

3. Bukit Cumbri


Lokasi obyek wisata Kota Ponorogo yang masih alami ini terletak di perbatasan Kabupaten Kota Ponorogo dengan Kabupaten Wonogiri.  Lebih tepatnya berada di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Bukit ini memiliki ketinggian 638 mdpl dan wilayahnya didominasi oleh batu-batu besar yang menjulang tinggi. Jika dilihat dari ketinggian Anda bisa melihat pemandangan Bukit Cumbri sangat bagus seperti halnya di Film Jurasic Park. Untuk mencapai lokasi ini Anda harus menempuh perjalanan selama satu jam melewati jalur tracking. Untuk memasuki wisata ini Anda tidak dipungut biaya namun hanya membayar biaya parkir kendaraan saja.

Kuliner Di Ponorogo


Selain memiliki banyak wisata alam yang indah. Kuliner Kota Ponorogo juga tak kalah menariknya. Karena banyak sekali makanan khas Ponorogo yang tentunya akan membuat Anda lapar dan menggugah selera. Berikut informasi selengkapnya.

1. Sate Ponorogo


Terbuat dari daging ayam sama dengan sate pada umumnya. Anda bisa menemukan pedagang Sate Ponorogo dengan mudah hampir disetiap sudut kota. Namun tentu rasa dari kuliner Kota Ponorogo ini berbeda dengan sate ayam lainnya. Dikarenakan pada Sate Ponorogo diberi bumbu khusus yang membuat cita rasanya berbeda dengan sate lainnya. Jika Anda berkunjung ke Ponorogo Anda wajib mencoba kuliner legendaris ini. Dijamin Anda ketagihan dengan kuliner ini.

2. Sate Kopok


Tidak hanya Sate Ponorogo saja yang menjadi primadona kuliner Kabupaten Ponorogo. Namun ada juga Sate Kopok yang tidak kalah lezat nya. Berbeda dengan sate yang lainnya Sate Kopok ini disajikan dengan bumbu kacang serta dicampur dengan santan kental yang dicampur sambal. Sehingga warna dari sambal kacang nya tidak berwarna coklat namun berwarna kuning. Sajian pelengkap untuk menemani Sate Kopok ini yaitu sayur loth dan tempe. Soal rasa jangan diragukan karena perpaduan gurihnya santan dan pedas nya sambal bercampur menjadi satu.Jangan tanya soal rasanya, karena Sate Kopok ini sangat istimewa rasanya berbeda dengan sate pada umumnya. Harga Sate Kopok ini dibanderol dengan harga Rp 7000 per porsinya. Murah bukan?

3. Serabi Ponorogo


Makanan ini bisa dinikmati sebagai menu sarapan saat berkunjung di Kabupaten Ponorogo. Untuk menemani Serabi Ponorogo biasanya diberi kuah santan dan gula jawa yang dihidangkan saat masih panas. Untuk menemukan kuliner yang satu ini Anda bisa datang ke Masjid Agung Ponorogo dan sekitar daerah Tonatan. Para penjual biasanya sudah menjajakan dagangannya selepas subuh. Harga untuk menikmati se porsi Serabi Ponorogo ini juga cukup terjangkau dan dijamin Anda akan ketagihan dengan kuliner yang satu ini.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon