Sabtu, 02 Februari 2019

Wisata Dan Kuliner Kota Pamekasan



Merupakan kabupaten yang masih dalam Provinsi Jawa Timur di Pulau Madura. Walaupun letaknya terpencil di Pulau Madura namun potensi wisata dan kulinernya sangat menjanjikan. Pesona dan keindahan alam wisata nya sangat memanjakan mata. Walaupun terdapat di perbatasan Laut Madura dan Jawa namun jangan salah potensi wisata dan kuliner Kota Pamekasan tidak terbatas. Anda sangat beruntung jika sedang berada di Pamekesan. Karena Pamekasan kaya akan makanan khasnya yang terkenal sangat lezat. Tidak hanya itu Kuliner di Pamekasan terbilang terjangkau. Berikut informasi lengkapnya tentang wisata Kota Pamekasan dan kulinernya.

Wisata Di Pamekasan                            


1. Wisata Api Abadi Yang Unik


Pada wisata ini menawarkan pemandangan api yang berasal dari dalam tanah yang tidak kunjung padam. Lokasi wisata ini di Desa Larangan, Kecamatan Tokol, Kabupaten Pamekasan Madura, Jawa Timur. Lokasinya sangat mudah di jangkau karena tidak jauh dari pusat Kota Pamekasan. Jaraknya kira-kira 5 kilometer bila menggunakan kendaraan pribadi. Namun alangkah baiknya jika ingin mengunjungi wisata ini menggunakan sepeda motor. Karena untuk menyeimbangi dengan medan yang dilalui menuju lokasi wisata Kota Pamekasan ini. Dikarenakan jalan yang dilalui masih cukup sulit. Wisata ini menawarkan pesona api yang tidak pernah padam. Disekitar lokasi wisata banyak pedagang yang berjualan aneka bahan mentah yang dapat kita bakar di api abadi. Sehingga tentu akan menambah keseruan jika berkunjung ke tempat ini.

2. Air Terjun Durbugen


Terbentuk secara alami dari luapan bendungan sungai yang dibuat warga sekitar. Wisata Kota Pamekasan ini berada di Kowel masih berada dalam satu wilayah dengan Kabupaten Pamekasan. Untuk menikmati keindahannya Anda tidak dikenakan biaya alias gratis. Walaupun gratis Anda tetap harus menjaga kebersihan dan keindahan air terjun yang satu ini. Tempat ini juga cocok untuk meluapkan emosi dengan cara bermain air di sekitar Air Terjun Durbugen. Anda juga bisa mengajak kekasih untuk menikmati keindahan air terjun ini bersama.

3. Pantai Talang Siring


Berada di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. Jarak dari Pusat Kota Pamekasan sekitar 14 kilometer. Untuk menuju wisata Kota Pamekasan yang Indah ini Anda dapat naik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi karena jalannya sudah beraspal. Pantai ini terdapat gugusan mangrove yang sangat indah dan sayang jika Anda lewatkan. Wisata ini sangatlah jauh dari kebisingan kendaraan perkotaan sehingga sangatlah nyaman. Pada obyek wisata ini sudah tersedia fasilitas lengkap seperti wc, mushola, dan sebagainya. Serta disediakan juga kursi-kursi di sekitar pantai sebagai sarana beristirahat para wisatawan sambil menikmati panorama Pantai Talang Siring.

Kuliner Di Pamekasan


Banyak sekali kuliner yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Kota Pamekasan. Karena banyak sekali kuliner yang lezat dan perlu Anda coba. Berikut beberapa kuliner khas Pamekasan.

1. Nase Jhajan


Merupakan kuliner Kota Pamekasan yang sebanding dengan ketenaran Soto Pamekasan hingga Sate Lala. Nama kuliner ini berasal dari susunan menu yang disajikan di dalam nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Kekhasan dari kuliner ini yaitu terletak pada menu lauk nya yang beraneka macam. Daun pisang yang membungkus kuliner ini membuat aroma rasanya nya tidak berubah walaupun untuk bekal perjalanan ke luar kota. Isi dari Nase Jhajan ini yaitu telur kuah petis, dendeng, srundeng, daging yang diberi bumbu gurih, dan ditambah sambal pedas menambah cita rasa kuliner satu ini. Untuk menikmati kuliner yang satu ini Anda hanya perlu merogoh gocek Rp 5000.

2. Soto Ayam Keppo


Memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Hampir semua  soto dapat ditemui diseluruh penjuru nusantara. Namun berbeda dengan soto yang satu ini karena di racik dengan bumbu warisan turun temurun. Daging ayam yang digunakan juga tidak sembarangan karena harus ayam kampung. Serta dimasak dengan teknik khusus. Sehingga menghasilkan soto yang sangat lezat dan gurih . Karena daging ayam kampungnya sangat empuk dan lebih nikmat bila dilengkapi dengan lontong atau pun nasi. Untuk menikmati sajian lezat ini Anda hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 10.0000.

3. Campur Lorju'


Merupakan kuliner Kota Pamekasan yang masih terjaga keasliannya walaupun merupakan kuliner tradisional. Kuliner ini memiliki keunikan tersendiri karena terbuat dari kaldu rebusan lorju’. Biasanya kuliner ini di padu dengan lontong, peyek, soun, serta taburan lorju’. Tidak lupa diberi bumbu yang merupakan warisan turun temurun terakhir ditambahkan bawang goreng. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda bila mencoba makanan laut dengan tampilan yang berbeda dari biasanya. Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Kota Pamekasan jika melewatkan kuliner yang satu ini. Harga dari campur lorju ini sangatlah murah hanya Rp 4000.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon