Minggu, 03 Juni 2018

Wisata & Kuliner Kota Pacitan



Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Wonogiri, Ponorogo, dan Trenggalek. Kabupaten Pacitan memiliki julukan kota 1001 Goa karena sebagian besar wilayah Kabupaten Pacitan merupakan pegunungan kapur.

Tentu saja dengan julukan ini, wisata kota Pacitan sebagian besar adalah Goa. Selain itu, Pacitan juga berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sebelah selatan. Pantai di Kabupaten Pacitan juga beragam dan memiliki ciri khas masing-masing.

Kuliner kota Pacitan juga memiliki ciri khas yang berbeda dari tempat lain. Berikut ini merupakan obyek wisata alam dan wisata kuliner kota Pacitan yang layak untuk menjadi rekomendasi.

 

Obyek Wisata Alam Kota Pacitan

 

1. Pantai Klayar


Obyek wisata ini merupakan salah satu dari sekian pantai yang terkenal. Yang membuat Pantai Klayar ini terkenal adalah adanya seruling laut yang berupa batu karang besar bercelah. Jika ombak besar menerjang batu karang besar ini, maka celah karang ini akan memancarkan air ke atas dan mengeluarkan bunyi seperti siulan. Lokasi dari Pantai Klayar ini berada di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Tiket masuk untuk menuju ke Pantai Klayar ini adalah Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

 

2. Goa Gong


Goa Gong ini merupakan salah satu dari sekian obyek wisata kota Pacitan yang sudah mendunia. Karena keindahannya, Goa Gong ini menjadi salah satu goa yang paling indah di Asia Tenggara. Terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, goa ini menawarkan pemandangan stalagtit dengan kedalaman sekitar 700 hingga 800 meter. Tiket masuk ke Goa Gong ini adalah sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 12.000. Ruangan goa yang berada di Goa Gong ada sekitar 7 ruangan besar. Di mana salah satunya adalah Sendang Bidadari yang memiliki air yang sangat jernih. Yang menjadi ikon dan nama dari Goa Gong ini adalah batu unik yang berada di salah satu ruangan. Jika batu ini di tabuh, maka akan mengeluarkan seperti gong. Di dalam goa sudah tersedia penerangan yang memperindah pemandangan dari Goa Gong.

 

3. Pemandian Banyu Anget


Kabupaten Pacitan juga memiliki salah satu obyek wisata  bagi yang tertarik dengan pemandian air panas. Sumber air panas dari pemandian ini berasal dari perbukitan kapur. Letak pemandian ini berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari. Dengan harga tiket sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 wisatawan bisa merasakan mandi air hangat di tempat ini. Air mendidih yang terkumpul di kolam yang utama akan di campur dengan air dingin yang berada di tiga kolam lain agar pengunjung bisa menikmatinya. Pemandangan di sekitar juga dihiasi dengan perbukitan hijau nan asri yang mengelilingi Pemandian Banyu Anget.

 

4. Pantai Banyu Tibo


Pantai ini masih dekat dengan Pantai Klayar. Dinamakan Banyu Tibo karena di pantai ini ada air terjun kecil yang ada tepat di bibir pantai. Untuk menikmati tempat ini, paling nikmat ketika air laut sedang surut. Air terjun inilah yang membuat Pantai Banyu Tibo menjadi sebuah obyek wisata kota Pacitan yang menarik untuk dikunjungi.

 

Wisata Kuliner Kota Pacitan

 

1. Nasi Tiwul


Rasanya tidak lengkap jika ke Pacitan tidak mencoba nikmatnya Nasi Tiwul. Nasi Tiwul adalah makanan tradisional yang khas dari dataran Pantai Selatan. Nasi Tiwul ini terbuat dari gaplek atau singkong yang kemudian di keringkan. Lezatnya nasi tiwul ini bisa membuat ketagihan para wisatawan yang mencoba. Warung Nasi Tiwul yang terkenal di Pacitan adalah Nasi Tiwul Ikan yang berada di Kembang Kidul, Desa Sedeng, Pacitan. Nama warung ini adalah Rumah Makan Lesehan Bukit Indah. Nasi Tiwul di tempat ini bisa dinikmati hanya dengan sekitar Rp. 8.000.

 

2. Sayur Kalakan


Sayur Kalakan ini memiliki bahan dasar utama yaitu ikan kelong asli dari Pacitan. Ikan kelong ini di campur dengan bumbu dengan saus santan yang khas pedasnya. Sayur Kalakan ini biasanya cocok di santap bersama dengan Nasi Tiwul.

 

3. Kupat Tahu Pacitan


Jika wisatawan sering mengunjungi atau tinggal di Magelang, maka tidak asing dengan makanan satu ini. Rasa dari makanan ini tentu saja berbeda jika dibandingkan dengan Kupat Tahu di tempat lain. Yang membedakan adalah bumbu rahasianya yang khas. Bahkan Presiden Indonesia yang ke-6, SBY juga menyukai makanan yang satu ini.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon