Jumat, 08 Juni 2018

Wisata & Kuliner Kota Gresik



Gresik merupakan daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak julukan. Salah satunya adalah Kota Wali. Karena sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim berada di Gresik. Gresik juga memiliki julukan Kota Bandeng. Karena hasil tambak di Gresik kebanyakan adalah ikan bandeng. Dan juga setiap bulan Ramadhan digelar acara Lelang Bandeng. Karena julukannya, tentu wisata kota Gresik juga banyak. Begitu juga dengan kuliner kota Gresik yang beragam. Berikut ini merupakan obyek wisata kota Gresik dan kuliner kota Gresik yang harus wisatawan coba.

Obyek Wisata Kota Gresik

 

1. Bukit Jamur

 

Bukit kapur yang berada di Kecamatan Bungah ini memang berbentuk seperti jamur raksasa. Lokasi ini merupakan lokasi bekas galian yang sekarang menjadi tempat wisata. Bagian bawah dari Bukit Jamur ini terkena erosi yang di sebabkan oleh hujan dan angin hingga membentuk seperti jamur. Tempat ini juga merupakan obyek wisata yang harus di kunjungi ketika berkunjung ke Gresik. Biaya masuk ini sekitar Rp. 3.000 hingga Rp. 10.000 dan sudah termasuk dengan biaya parkir.

 

2. Gunung Kapur Sekapuk


Gunung kapur Sekapuk ini berada di Desa Sekapuk, Ujung Pangkah, Gresik. Lokasinya tidak jauh dari Bukit Jamur. Gunung kapur ini berbentuk seperti candi. Namun, tempat ini sebenarnya merupakan bekas galian tambang. Arsitektur unik serta bekas pahatan hasil penambangan juga memperindah Gunung Kapur Sekapuk ini. Gunung Kapur ini mulai di tambang sejak tahun 1950.

 

3. Pulau Bawean


Pulau ini masih bagian dari Gresik, sekitar 120 kilometer dari Gresik. Pesona di Pulau Bawean ini cukup menarik. Di sana terdapat pantai pasir putih, wisata pemandian air panas, dan obyek lainnya yang bisa wisatawan jelajahi. Selain wisata alam, terdapat spesies endemik yang menjadi ikon kota Gresik yaitu rusa Bawean. Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan bisa menumpang kapal. Tiket masuk ke Pulau Bawean ini adalah sekitar Rp. 59.000 hingga Rp. 95.000 termasuk dengan kapal yang menuju ke Pulau Bawean.

 

4. Telaga Ngipik


Telaga Ngipik atau yang bernama lain Taman Wisata Giri Wana Tirta ini berada di daerah tengah kota Gresik. Tepatnya sekitar 1,5 kilometer dari alun-alun kota Gresik. Semilir angin dan sejuknya pepohonan menjadi daya Tarik dari tempat ini. Para penggiat kegiatan Ski Air juga sering datang ke tempat ini. Tiket masuk ke tempat ini adalah sekitar Rp. 2.500 untuk biaya parkir. Tempat ini juga layak untuk di kunjungi para wisatawan sebagai tempat untuk melepas penat dari pekerjaan atau rutinitas lainnya.

 

5. Makam Sunan Gresik


Selain wisata alam, Gresik juga memiliki obyek wisata religi. Salah satunya adalah Makam Sunan Gresik. Wisatawan akan melihat Makam Sunan Gresik beserta istri dan putranya dari dekat. Tiga buah makam ini memang sama dan serupa, namun ornamennya tentu sedikit berbeda. Sebenarnya tidak ada biaya masuk untuk ke makam ini, namun tetap di kenakan biaya parkir untuk yang membawa kendaraan pribadi.

 

Wisata Kuliner Kota Gresik

 

1. Warung Apung Rahmawati


Tempat ini menyajikan makanan khas Indonesia dengan konsep rumah makan tradisional. Cita rasa dari Warung Apung Rahmawati pun juga begitu berkelas. Tempat ini memiliki desain taman yang bagus dan elegan. Menu yang khas di Warung Apung ini adalah Ayam Bakar Warung Apung dengan rasa yang khas. Selain itu, wisatawan bisa memesan menu lain seperti ayam bakar ndeso, ayam goreng kremes, kepiting soka goreng, gurami goreng, dan laun lain. Warung Apung Rahmawati ini berada di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Gresik.

 

2. Nasi Krawu


Makanan ini merupakan kuliner khas dari Gresik yang sudah terkenal di dalam dan luar kota Gresik. Nasi Krawu terdiri dari suwir, serundeng, dan sambel petis. Selain itu di tambah dengan belut, tahu, babat bumbu kecap, dan lain-lain. Penyajian dari nasi Krawu ini di sajikan dalam pincuk daun pisang. Banyak tempat yang menjual nasi Krawu di Gresik.

 

3. Martabak Usus Gresik


Selain Nasi Krawu, Martabak Usus khas Gresik juga menjadi makanan yang khas dari Gresik. Terbuat dari isian bihun, telur, dan usus ayam pedas. Biasanya di lengkapi juga dengan petis udang dan acar timun sebagai pelengkap. Tempat yang menjual Martabak Usus ini berada di Jalan Akim Kayat dan Jalan Abdul Karim, Gresik.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon