Minggu, 03 Juni 2018

Wisata Dan Kuliner Kota Banyuwangi



Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang sedang gencar mengembangkan daerah wisatanya. Berbagai tempat wisata di Banyuwangi sedang gencar memperbaiki diri. Fasilitas pengunjung di tingkatkan serta akses menuju lokasi juga diperbaiki. Wisata kota Banyuwangi memang memancarkan beragam keindahan.

Baik dari segi wisata alam maupun wisata budaya. Tidak hanya itu wisata kuliner kota Banyuwangi juga tak kalah menarik untuk dicoba. Sebenarnya ada wisata dan kuliner kota Banyuwangi apa saja sih yang harus kamu kunjungi? Berikut beberapa wisata dan kuliner kota Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi.

 

Main-Main Di Wisata Kota Banyuwangi


Wisata kota Banyuwangi memang tidak ada habisnya. Nampaknya hampir setiap saat muncul wisata kota Banyuwangi yang baru. Berbagai tempat wisata ini selalu menarik untuk dijelajahi. Tapi, pernahkah kamu berkunjung ke tempat wisata di bawah ini?

 

1. Jelajah Keindahan Ijen


Gunung Ijen merupakan sebuah gunung yang ada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Ketinggian gunung ini mencapai 2443 mdpl. Gunung ini juga masih termasuk dengan gunung yang masih aktif. Masyarakat sekitar gunung ini kebanyakan bekerja sebagai pencari belerang. Memang Gunung ijen merupakan penghasil belerang di Banyuwangi. Akhir-akhir ini wisata kota Banyuwangi gencar menampilkan Gunung Ijen sebagai iconnya.

Memang tak salah, karena keindahan serta keunikan gunung yang satu ini memancing wisatawan untuk terus berdatangan. Biasanya wisatawan melakukan pendakian hingga ke puncak gunung pada dini hari. Tujuannya selain melihat matahari pagi di puncak Ijen juga ingin melihat blue fire. Api biru atau yang lebih dikenal dengan blue fire merupakan keunikan dari Gunung Ijen. Di dunia hanya ada dua tempat dimana kamu dapat melihat blue fire yaitu di islandia dan di Ijen.

 

2. Pantai Penyu Sukamade


Jika tadi kita membahas wisata kota Banyuwangi bagian gunung kali ini kita akan membahas tentang pantai. Salah satu pantai unik yang terkenal di Banyuwangi adalah Pantai Sukamade. Di pantai yang satu ini kamu dapat menyaksikan penyu yang bertelur di pantai. Jika ingin melihat langsung penyu dari dekat, kamu dapat berkunjung langsung ke penangkaran penyu yang ada di wilayah pantai ini. Sukamade terletak di dalam kawasan Taman Nasional Merubetiri.

Untuk mencapai pantai ini kamu dapat mengikuti jalan menuju Pantai Teluk Ijo. Sukamade berjarak kurang lebih 15 Km dari Pantai Teluk Hijau. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai tempat ini sekitar 2 jam perjalanan. Ini dikarenakan jalur yang harus ditempuh cukup sulit serta ada aliran sungai yang harus di lalui. Untuk akses menuju lokasi dapat menggunakan motor, mobil dobel gardan serta trackking berjalan kaki.

 

3. Keindahan Pantai Plengkung


Wisata Kota Banyuwangi selanjutnya adalah Pantai Plengkung. Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat surfing terkenal bagi wisatawan. Ombak di pantai ini dianggap cocok untuk menjadi lokasi surfing. Bahkan Plengkung merupakan salah satu dari tujuh pantai dengan ombak terbaik di dunia. Tak hanya itu, Plengkung juga didapuk sebagai spot surfing terbaik di kawasan Asia Tenggara. Tidak heran jika setiap tahunnya banyak wisatawan utamanya wisatawan mancanegara yang berkunjung di tempat ini. Biasanya aktivitas surfing banyak dilakukan pada bulan april hingga oktober.

Ketiaga tempat wisata tersebut merupakan tempat wisata yang dijuluki segitiga emas karena keindahannya. Jadi kalau kamu berkunjung ke Banyuwangi tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata kota Banyuwangi tersebut.

 

Cita Rasa Kuliner Kota Banyuwangi


Jika tadi telah dibahas banyak hal seputar wisata, sekarang saatnya kita membahas seputar kuliner Kota Banyuwangi. Selain terkenal dengan wisatanya, ternyata kota Banyuwangi juga terkenal dengan kulinernya. Berikut beberapa kuliner yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Banyuwangi.

 

1. Rasa Pedas Nendang dari Sego Tempong


Wisata kuliner Kota banyuwangi pertama yang harus kamu coba adalah sego tempong. Makanan yang satu ini menyajikan cita rasa pedas yang menendang dengan sambelnya yang pedas. Satu paket sego tempong biasanya terdiri dari sayur-sayur rebus serta beragam lauk pauk. Sambal terasi yang pedas juga menjadi hal wajib yang tidak boleh tertinggal.

Untuk lauk ada beragam lauk yang dapat kamu pilih sesuai selera. Mulai dari telur, ayam hingga daging sapi siap melengkapi hidanganmu. Kata tempong sendiri berasal dari bahasa osing yang berarti tampar. Maksudnya adalah ketika memakan nasi tempong yang pedas menghadirkan sensasi seperti saat ditampar.

 

2. Rujak Soto yang Unik


Jika ingin mencoba hal unik lainnya kamu dapat menikmati kuliner kota Banyuwangi yang satu ini. Kuliner yang saya maksud adalah rujak soto. Jika kamu biasa makan rujak dan soto secara terpisah maka di rujak soto kamu mendapatkan sensasi makan keduanya secara bersamaan. Rujak yang telah disiapkan akan disiram dengan kuah soto beserta daging. Rasa khas dari rujak soto merupakan gabungan antara kuah soto sekaligus terasi yang ada pada rujak.

 

3. Wisata Kuliner Blimbingsari


Kamu penggemar seafood? Tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat yang satu ini. Tempat wisata kota Banyuwangi yang saya maksud adalah Blimbingsari. Di tempat ini kamu dapat menemukan hamparan warung makan yang khusus menyediakan ikan bakar dan olahan seafood lainnya. Ikan yang disediakan di tempat ini merupakan ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Kamu dapat memilih langsung ikan yang ingin kamu santap. Bahkan kamu juga dapat mencari ikan yang memiliki berat sesuai, nikmat bukan?

Wisata dan Kuliner Kota Banyuwangi memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Semuanya siap untuk memanjakan wisatawan yang datang ke Banyuwangi. Jadi ketika kamu mampir ke Banyuwangi tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata dan kuliner Kota Banyuwangi di atas.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon