Sabtu, 05 Mei 2018

Wisata Menarik Di Pegunungan Semeru


Gunung Semeru adalah gunung berapi tertinggi di pulau Jawa terletak di perbatasan kabupaten Lumajang dan juga Malang Jawa Timur. Ketinggian Gunung Semeru mencapai 3.676 meter dari permukaan laut. Gunung berapi tersebut menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Kawasan wisata di pegunungan Semeru juga banyak tempat-tempat yang wajib untuk dikunjungi. Untuk itu disini akan disajikan beberapa lokasi wisata menarik di pegunungan Semeru.

1. Mahameru

 

Lokasi wisata menarik di pegunungan Semeru yang pertama ialah puncak Mahameru. Mahameru adalah puncak tertinggi yang terdapat di pulau jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl. Namun dalam puncak Mahameru anda akan merasakan suhu dengan dingin sekitar 4 sampai dengan 10 derajat . namun lelah yang anda keluarkan untuk mendaki puncak akan terbayarkan dengan keindahan dari atas puncak. Selain itu anda juga akan melihat "Joggring Saloka" sebuah kawah yang terdapat di gunung Semeru.

2. Kalimati

 

Salah satu tempat wisata menarik di pegunungan Semeru adalah kalimati. Kalimati adalah sebuah padang rumput dengan bunga Edelweis yang tumbuh  dan semak-semak, luas kawasan tersebut adalah 20 hektare. Kawasan Kalimati dijadikan sebagai transit bagi para pendaki sebelum melakukan pendakian ke puncak Semeru.

3. Tanjakan Cinta

 

Sebuah tanjakan yang terdapat di atas danau Kumbolo dengan dipenuhi padang rumput dan juga pohon pinus sering disebut tanjakan cinta. Tanjakan cinta yang terdapat di kawasan tersebut mencapai kemiringan hampir 45 derajat sehingga cukup melelahkan dalam melakukan pendakian.

Dalam tanjakan cinta yang terdapat di gunung Semeru terdapat sebuah mitos-mitos yang berkembang. Mitos tersebut adalah para pendaki yang berhasil melewati tanjakan, semua keinginannya tentang cinta akan terpenuhi. Namun dalam melakukan pendakian di tanjakan cinta tidak boleh menoleh ke belakang. Jika menoleh ke belakang maka hubungan percintaan dipercaya akan putus di kemudian hari.

Bagi anda yang berhasil melakukan pendakian di tanjakan cinta, maka akan terbayar usaha yang anda keluarkan dalam melakukan pendakian. Di atas bukut anda dapat menikmati keindahan Ranu Kumbolo yang terbentang indah. Selain itu, akan nampak pepohonan hijau yang mengelilingi Ranu Kumbolo yang kan menambah keindahan pemandangan yang ada.

4. Ranu Pani

 

Kawasan Ranu Pani adalah sebuah desa terakhir sebelum mencapai gunung Semeru. Destinasi tersebut terdapat banyak fasilitas pendukung yang disediakan bagi pengunjung. Fasilitas tersebut diantaranya berupa homestay, penyewaan alat camping dan juga terdapat pemandu wisata.

5. Oro-oro Ombo

 

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan oro-oro Ombo harus terlebih dahulu mendaki tanjakan cinta. Oro-oro Ombo ada sebuah padang savana yang nampak berwarna ungu, hal tersebut dikarenakan ditumbuhi oleh bunga lavender. Keindahan Oro-oro ombo mempunyai dua sisi yang berbeda saat musim penghujan dan juga kemarau. Saat musim penghujan, Oro-oro ombo akan nampak indah dengan mekarnya bunga lavender yang bermekaran. Sedangkan saat musim kemarau akan nampak kuning karena bunga lavender sudah mulai mengering.

6. Arcopodho

 

Arcopodho adalah sebuah arca kembar yang terdapat dalam gunung Semeru. Namun tak banyak pendaki yang dapat menemukan keberadaan Arcopodho yang terdapat gunung Semeru. Menurut mitos yang berkembang Arcopodho akan selalu menghadap ke puncak Mahameru. Dan banyak warga yang meyakini bahwa Arcopodho tersebut merupakan kuncen dar gunung Semeru.

Dalam jalur pendakian terdapat sebuah pos pendakian Arcopodho yaitu sebuah pos terakhir menuju puncak tertinggi gunung Semeru. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, dan merupakan gunung favorit bagi para pendaki gunung. Dalam jalur tersebut banyak para pendaki yang tersesat. Hal tersebut dikarenakan para pendaki yang kelelahan dengan jalan kembali ke titik awal yang sulit. Selain itu di bagian bawah jalur adalah sebuah jurang yang sangat curam yang sering disebut dengan Blank 57.

7. Ranu Kumbolo

 

Wisata menarik di pegunungan Semeru selanjutnya adalah Ranu Kumbolo. Sebuah danau yang terletak di jalur pendakian gunung Semeru dan masuk ke dalam wilayah TNBTS. Destinasi tersebut sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang masih alami. Danau yang terletak di ketinggian 2.400 mdpl dengan luas 15 hektare tersebut dikelilingi dengan pohon pinus. Selain itu juga dikelilingi bukit-bukit yang dipenuhi dengan padang rumput yang mempertambah cantik nuansa di kawasan wisata tersebut.

Itulah beberapa wisata di pegunungan Semeru yang dapat anda jumpai dalam melakukan pendakian ke gunung Semeru. Namun bagi anda ayang hanya ingin melakukan camping atau hanya melakukan kunjungan juga dapat melakukannya. Namun yang perlu anda ingat dalam melakukan kunjungan wisata ke gunung Semeru harus memperhatikan pantangan yang ada. Pasalnya gunung Semeru adalah gunung yang masih banyak cerita mistis.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon