Sabtu, 14 April 2018

Wisata Menarik Di Pegunungan Bromo


Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang ada di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut. Serta terletak pada empat wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, serta Kabupaten Malang. Wisata di pegunungan Bromo merupakan wisata utama di Provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo memiliki lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas 10 kilometer persegi. Wisata Gunung Bromo ini dibilang sebagai icon dari Jawa Timur. Walaupun secara fisik Gunung Bromo tidaklah sebesar gunung-gunung lainnya namun pesonanya sudah menggema sampai mancanegara.

Berikut adalah wisata menarik yang perlu Anda kunjungi ketika di Pegunungan Bromo.

1. Penanjakan 1

               

Merupakan tempat tertinggi di kawasan Pegunungan Bromo. Lokasi ini sangat strategis untuk melihat matahari terbit atau tenggelam. Lokasi ini terletak di sebelah barat dari Pegunungan Tengger.
Untuk sampai pada lokasi ini pengunjung harus menggunakan jeep atau hartop. Karena untuk mencapai lokasi ini sangat sulit karena banyak tikungan yang tajam dan curam.

2. Penajakan 2



Merupakan alternatif untuk melihat keindahan Bromo melalui rute Probolinggo. Lokasinya lebih rendah dibandingkan dengan penanjakan 1. Namun melihat keindahan Gunung Bromo pada spot ini juga tidak kalah bagusnya dengan penanjakan 1.Terlebih lagi aksesnya cukup mudah bisa menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Jika Anda berkunjung antara bulan September sampai dengan Mei maka Anda akan melihat pemandangan yang begitu indah. Yaitu sunrise yang sempurna tepat berada di timur pengunjung.

3. Padang Rumput Sabana


Terletak di selatan timur Gunung Bromo. Wisata di Bromo ini sangat banyak dikunjungi karena sangat indah. Karena padang sabana ini dikelilingi bukit-bukit yang menambah indahnya padang sabana. Untuk memasuki padang sabana Anda harus melewati lautan pasir terlebih dahulu. Namun Anda tidak perlu khawatir karena untuk mencapai padang sabana ini bisa dilakukan menggunakan kendaraan pribadi. Rute untuk mencapai padang sabana bisa melewati Malang ataupun Lumajang.

4. Bukit Mentigen


Merupakan alternatif spot sunrise selain penanjakan 1 dan penanjakan 2. Untuk mencapai wisata di Bromo yang satu ini anda hanya perlu berjalan kaki dari penginapan atau hotel di daerah cemara lawang Probolinggo. Walaupun bukitnya tidak terlalu tinggi namun cocok bagi para backpacker. Karena tidak membutuhkan alat transportasi untuk mencapai Bukit Mentigen ini.

5. Bukit Teletubies



Tidak sempurna rasanya jika berwisata ke Gunung Bromo namun tidak singgah ke Bukit Teletubies. Lokasinya di selatan Gunung Bromo dan merupakan satu jalur untuk menuju padang sabana. Bukit Teletubies ini merupakan gunung-gunung kecil yang indah serta ditumbuhi rerumputan khas pegunungan. Sehingga seolah-olah Anda masuk film Teletubies.

6. Air Terjun Madakaripura



Merupakan satu-satunya wisata air terjun di Gunung Bromo. Terletak di Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Rute menuju tempat wisata di Bromo ini yaitu melalui Probolinggo tongas kemudian kearah Gunung Bromo. Akses perjalanannya juga mudah karena jalanya sudah bagus dan bisa dilalui oleh roda dua dan empat. Harga tiket masuknya juga terbilang terjangkau. Air Terjun Mandakaripura memiliki ketinggian 200 meter. Letaknya juga tepat di bawah kaki Gunung Bromo. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini tidak hanya wisatawan lokal namun ada juga wisatawan mancanegara.

7. B 29 Argosari



Merupakan spot camping yang paling favorit di Gunung Bromo. Tempat ini berada di penanjakan 1 dan merupakan yang paling tinggi. Sehingga udara dan pemandangannya sangat indah karena Anda bisa melihat pemandangan sekitar dengan jelas dari ketinggian. Untuk mencapai tempat ini Anda bisa melalui Senduro Lumajang (jalur selatan). Anda juga bisa menyewa hartop agar mempermudah mencapai lokasi ini.

8. Bromo Milky Way



Hanya dapat disaksikan saat malam hari pada spot-spot tertentu wisata di Bromo. Dan alangkah baiknya jika memilih spot yang jauh dari sorot lampu kota, karena pemandangan yang Anda dapatkan akan lebih sempurna jika dalam keadaan gelap. Tidak hanya itu yang perlu Anda siapkan untuk mendapat pemandangan langka ini. Anda harus menggunakan software stellarium sebagai perhitungan untuk berburu milky way. Dan pemandangan ini akan dapat dijumpai hanya pada musim kemarau. Karena keadaan langit cerah dan tidak terhalang awan.

9. Pasir Berbisik



Merupakan suatu lokasi yang berada pada penanjakan 1. Tidak hanya itu hamparan pasir yang luas ini hanya dimiliki oleh Gunung Bromo saja. Pasti Anda bertanya-tanya mengapa disebut pasir berbisik. Karena lautan pasir ini memiliki suara desisan angin yang sangat khas saat ada terpaan angin. Sehingga masyarakat sekitar Gunung Bromo menyebutnya sebagai pasir berbisik.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon