Rabu, 11 April 2018

Wisata Dan Kuliner Kota Surabaya


Surabaya merupakan ibu kota Jawa Timur. Surabaya memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang indah. Namun masih banyak wisata dan kuliner di Surabaya yang tersembunyi. Padahal di kota Surabaya kaya akan spot wisata dan kuliner yang sangat enak walaupun belum banyak orang yang mengetahui. Jika Anda memiliki rencana untuk berlibur ke Surabaya jangan khawatir karena keindahan Surabaya tidak kalah dengan wisata dan kuliner kota-kota yang lain di Indonesia. Berikut ulasan wisata dan kuliner Kota Surabaya.

Wisata Di Surabaya


Wisata Kota Surabaya kaya akan spot wisata keren. Mulai dari situs sejarah, situs budaya hingga spot foto yang kekinian. Dan semua tempat wisata tersebut harus segera di explore karena Anda akan kagum akan keindahannya. Berikut tempat wisata yang recommended untuk Anda kunjungi.

1. Wisata Air Ciputra Waterpark


Tempat ini sangat recommended bagi Anda yang mengajak anak berwisata. Karena wisata air ini bertemakan Dongeng Petualangan Sinbad. Ciputra Waterpark memiliki luas 5 hektar dan menjadikannya sebagai wisata air terluas di Surabaya. Kedalaman kolamnya juga dangkal hanya sekitar satu meter. Sehingga sangat aman bagi anak-anak. Harga tiket masuk ke wisata Kota Surabaya ini juga tidak mahal yaitu Rp 70.000 pada hari biasa. Dan akan naik menjadi Rp 90.000 jika pada saat hari libur. Dan menariknya bagi lansia yang ingin memasuki wisata ini hanya perlu menunjukkan KTP saja dan Anda tidak perlu membayar karena gratis.

2. Kebun Binatang Surabaya


Merupakan kebun binatang yang paling populer di Indonesia. Karena merupakan kebun binatang yang terlengkap se Asia Tenggara. Di dalamnya terdapat 351 spesies satwa yang berbeda-beda. Dan total jumlah binatang pada wisata Kota Surabaya ini yaitu 2.806. Termasuk satwa langka Indonesia maupun dunia yang terdiri dari mamalia, aves, reptilia, dan pisces.

3. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo


Wisata ini merupakan wisata yang paling populer di Surabaya. Karena tempat ini menyuguhkan tempat yang asri dan masih alami jauh dari polusi perkotaan. Wisata ini sangat cocok sebagai sarana relaksasi mata dan udara. Wisata hutan mangrove ini terletak tidak jauh dari Bandara Juanda Kota Surabaya. Anda bisa mengelilingi hutan mangrove ini dengan menyusuri  jembatan yang terbuat dari bambu di atas air laut. Namun jika tidak ingin lelah berjalan maka Anda bisa menyusuri hutan mangrove ini menggunakan perahu yang disewakan di sekitar wisata ini.

4. Monumen Nasional Tugu Pahlawan


Merupakan tempat yang cocok untuk hunting sekaligus mengenal tempat bersejarah di Surabaya. Tugu ini memiliki ketinggian lebih dari 40 meter. Serta bentuk bangunannya menyerupai paku yang terbalik sehingga menambah keindahan  bangunan artistik ini. Luas lahan dari Monumen Nasional Tugu Pahlawan ini mencapai satu hektar. Tempat ini dibangun sebagai sarana menghormati prajurit yang gugur di Surabaya saat melawan penjajah. Tidak hanya itu dengan adanya tempat ini maka diperingati pula hari pahlawan bagi Bangsa Indonesia.  

Kuliner Di Surabaya


Keunikan dan kelezatan kuliner kota Surabaya memang sudah terkenal sejak dulu. Berikut kuliner yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung di Surabaya.

1. Sate Klopo


Bentuknya sama seperti sate pada umumnya. Namun daging yang biasanya digunakan sebagai sate diganti buah kelapa. Kuliner di Surabaya ini sangat enak karena dicampur dengan jeroan dan lemak sapi. Kemudian sate ini dilumuri parutan kelapa sebelum dibakar. Sate klopo ini walaupun terlihat sederhana namun tidak pernah sepi akan penggemar.

2. Rawon Setan


Kuliner kota Surabaya ini memang sudah terkenal sampai keluar Jawa Timur karena kelezatannya. Kuliner ini semacam soto namun berkuah hitam pekat. Warna hitamnya berasal dari bumbu kluwak. Rawon memanfaatkan daging sapi yang dipotong dadu. Namun biasanya akan ditambahkan juga jeroan sapi atau kikil sapi. Rawon setan ini terkenal dengan potongan daging sapinya yang berukuran jumbo. Walaupun potongannya besar namun dagingnya tetap bertekstur empuk ketika digigit.

3. Tahu Tek


Isi dalam seporsi tahu tek yaitu tahu goreng, lontong, dan kentang yang di gunting. Di gunting karena memang keunikan kuliner kota Surabaya ini. Setelah itu potongan bahan-bahan tadi disiram dengan petis di atasnya. Terakhir tambahkan seledri sebagai bahan pelengkapnya. Tidak lupa ditambahkan kerupuk di atasnya. Harganya juga cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 seporsinya. Jadi tidak akan menguras dompet Anda tentunya.

4.Soto Lamongan


Walaupun bukan merupakan makanan asli Surabaya namun menjadi primadona bagi masyarakat Surabaya tentunya. Berbeda dengan kuah soto di Jawa Tengah yang berkuah bening. Soto lamongan ini justru berkuah kental yang berasal dari santan. Sehingga rasanya lebih gurih dan kental.

Artikel Terkait

Berbagi informasi bisnis dan peluang usaha untuk Anda. Kontak kami utk informasi selengkapnya


EmoticonEmoticon